BeritaLembaga NUNu News

RMI PCNU Tuban Rancang Program Inovatif untuk Pendidikan Pesantren

Tuban, PCNU Online
Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) PCNU Tuban menyelenggarakan Musyawarah Kerja (Musker) di PP. Daruttauhid Al Hasaniyyah, Sendang, Senori Tuban.

Acara yang digelar pada Ahad (7/1/2024) ini menghasilkan sejumlah keputusan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kerjasama di wilayah Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun, sejumlah poin penting yang dihasilkan dari Musker tersebut di antaranya:

1. Pendataan Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Alquran: Dimulainya pendataan madrasah diniyah dan taman pendidikan Alquran di seluruh wilayah Kabupaten Tuban, bertujuan untuk merinci dan meningkatkan pemahaman keberadaan lembaga pendidikan Islam.

2. Digitalisasi Pesantren: Program digitalisasi akan diterapkan pada pesantren yang berafiliasi dengan RMI PCNU Tuban, sebagai upaya untuk memodernisasi sistem pendidikan dan administrasi pesantren.

3. Pembinaan dan Supervisi: Pembinaan dan supervisi akan dilakukan secara rutin kepada pondok pesantren, madrasah, dan taman pendidikan Alquran untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan pendidikan.

4. Penerbitan Kitab Turats: RMI PCNU Tuban akan menerbitkan kitab turats yang akan didistribusikan di pondok pesantren, bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan literasi keagamaan.

5. Papanisasi nama RMI PCNU Tuban: Menempatkan papanisasi nama RMI PCNU Tuban di pondok pesantren, madrasah, dan Taman Pendidikan Alquran untuk meningkatkan visibilitas dan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan RMI.

6. Kerjasama dengan Institusi: Melakukan kerjasama dengan institusi pemerintah dan non-pemerintah dalam pengembangan pondok pesantren, madrasah, dan taman pendidikan Alquran.

Selain rencana program di atas, RMI PCNU Tuban telah menjalankan langkah-langkah seperti pendataan pondok pesantren dan pembentukan pengurus RMI MWC di seluruh kecamatan Kabupaten Tuban. Semua program ini akan dilaksanakan secara bertahap melalui empat divisi, yaitu pemberdayaan kelembagaan pesantren dan pengembangan SDM, pemberdayaan ekonomi dan kerjasama pesantren, serta kurikulum, jaringan, dan pendidikan formal pesantren, dan terakhir adalah pusat informasi, media, dan data.

Musker tidak hanya dihadiri anggota RMI PCNU Tuban. Tetapi juga dihadiri berbagai tokoh dan instansi, termasuk Rois Suriyah PCNU Tuban, KH Ahsan Ghzali, Ketua Tanfidziyah PCNU Tuban, KH Ahmad Damanhuri, Ketua MUI Kabupaten Tuban, Ketua FKPP Kabupaten Tuban, Ketua FKDT Kabupaten Tuban, Ketua FKPQ Kabupaten Tuban, Ketua Amali Kabupaten Tuban, Kemenag Kabupaten Tuban, PD Pontren Kemenag Kabupaten Tuban, Forkompimcam Kecamatan Senori, seluruh Tahfiz MWC, dan RMI MWC se-Kabupaten Tuban.

“Semoga rencana yang disusun (RMI PCNU Tuban) mendapatkan kemudahan dan rida dari Allah SWT,” harap Kiai Damanhuri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button