BeritaMWCNUNu NewsWARTA

Ingatkan Komitmen Pengurus NU, Ini Pesan Ketua PCNU Tuban

Tuban, PCNU Online
Pesan mendalam disampaikan Ketua PCNU Tuban KH. Ahmad Damanhuri saat menghadiri Musyawarah Kerja (Musker) ke-1 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singgahan masa khidmat 2023-2028, Minggu (15/10/2023).

Dalam sambutannya, Kiai Daman—sapaan akrabnya—memberikan analogi bahwa khidmat di NU seperti halnya kita dalam beragama. Bukan Islam yang membutuhkan kita, tapi kitalah yang membutuhkan agama Islam. ‘’Pun demikian di NU, bukan NU yang membutuhkan kita, tapi kita yang membutuhkan NU,’’ tuturnya.

Karena itu, tegas Kiai Daman, jangan berharap “mendapat apa” di NU, tapi sebaliknya: apa yang bisa diberikan untuk NU. ‘’Kepada para pengurus (baik di MWC, lembaga, maupun banom, Red) yang baru dilantik agar menjadi wazir (mitra)—yang setiap saat siap menjadi panglima lapangan bagi MWCNU dalam mengawal setiap program yang telah disepakati dan diputuskan,’’ tegas mantan Ketua MWCNU Rengel itu.

Pesan yang disampaikan Kiai Daman tersebut merujuk pada kisah Nabi Musa dalam menjalankan risalah kenabian. Nabi Musa berdoa kepada Allah:

واجعل لي وزيرا من أهلي
Artinya: Ya Allah jadikanlah untukku seorang wazir (mitra) dari keluargaku.

Kiai Daman berharap, doa yang dipanjatkan Nabi Musa tersebut bisa menjadi ibrah bagi setiap pengurus NU, baik di PCNU, MWCNU, lembaga, maupun banom. Bahwa menjadi pengurus NU adalah menjadi wazir. Yakni, mitra yang memiliki komitmen sungguh-sungguh dalam menjalankan setiap kegiatan dan program organisasi.

‘’Ketika kita menjadi pengurus NU, niatkan diri kita sebagai wazir,’’ pesannya.

Penulis:
Editor: Ahmad Atho’illah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button