Lembaga NUNu NewsWorld

Menjelang Musker, Ketua PCNU Ajak Pengurus Lembaga Diskusi Program

Tuban, PCNU Online
Menjelang Musyawarah Kerja (Musker) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban masa khidmat 2023-2028 yang rencananya digelar bulan ini. Beberapa hari lalu, Ketua PCNU Tuban KH Ahmad Damanhuri menggelar pertemuan dengan sejumlah jajaran pengurus lembaga. Hal itu dilakukan guna menyatukan rencana kerja organiasasi agar sejalan dengan rekomendasi hasil Konferensi Cabang (Konfercab) VII PCNU Tuban.

Disampaikan Kiai Daman, pasca dilantiknya pengurus dan lembaga PCNU Tuban pada Maret lalu, diakui bahwa kinerja masing-masing lembaga sudah luar biasa. Meski musker secara resmi belum digelar, namun beberapa program yang menjadi rencana kerja sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Gerakannya sudah tampak, lembaga-lembaga geliatnya sudah luar biasa. Maka perlu adanya koordinasi dan sinkronisasi antarlembaga sebelum Musker,” kata Kiai Daman.

Ke depannya, lanjut Kiai Daman, masing-masing lembaga diharapkan memiliki program prioritas jangka pendek dan jangka panjang. “Sehingga arah dan target kinerja yang ngin dicapai menjadi jelas. Jangan pendek apa? Jangan panjang apa?” ujar pengasuh Ponpes Al Hadi Rengel itu.

Di luar tanggung jawab program kerja di masing-masing lembaga. Tugas pengurus harian dan lembaga PCNU Tuban yang tidak kalah berat adalah menghidupkan kegiatan sesuai aturan organisasi dan pengkaderan di tingkat Majlis Wakil Cabang (MWC) hingga ranting NU. Artinya, program dan kegiatan organisasi tidak hanya tersentral di cabang, melainkan merata hingga MWC dan ranting-ranting NU se-Kabupaten Tuban. “Kegiatan dan kaderisasi dari tingkat cabang hingga ranting harus hidup,” tegas Kiai Daman.

Selain program dan kaderisasi, pesan lain yang disampaikan Kiai Daman kepada masing-masing pengurus lembaga, adalah peran PCNU kepada masyarakat secara umum, utamanya dalam hal kemaslahatan di bidang ekonomi. “Dari amal usaha yang dimiliki PCNU, harapannya mampu memberikan manfaat bagi jamiyah. Minimal bisa memberikan berkontribusi ke cabang, MWC, hingga ranting,” harapannya.

Kepada semua pengurus harian, lembaga, dan banom, Kiai Daman juga berharap agar masing-masing mampu merawat jejaring, baik internal maupun eksternal. “Antarpengurus, lembaga, dan banom bisa saling menopang, melengkapi, dan bersinergi,” tuturnya.

Penulis: Ainur Rofiq
Editor: Ahmad Atho’illah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button